Ketua Fosia: Wawasan Menjadi Kriteria Penting dalam Memilih Duta Syariah 2019

0
64
Finalis 3 Besar katagori Putra dan Putri Pemilihan Duta Syariah di Auditorium II Kampus 3 UIN Walisongo, Selasa (9/4/2019) . Foto: Sonia/Justisia.

Semarang, Justisia.com – Senin (9/4), Fosia sukses menggelar acara pemilihan Duta Syariah dengan tema Eksplorasi Potensi Generasi Muda Cerdas dan Berbudaya. Gelaran ini diikuti oleh 30 peserta selaku perwakilan masing-masing kelas dari setiap jurusan di Fakultas Syariah dan Hukum, baik katagori laki-laki maupun perempuan. Acara yang berakhir pukul 21.00 ini dimenangkan oleh Muftihul Muttaqin dari Ilmu Falak (katagori laki-laki) dan Khusnul Khotimah dari Hukum Keluarga Islam (katagori perempuan).

Kriteria pemilihan Duta Syariah 2019 selain syarat dasar yang tercantum dalam pengumuman, juga menitikberatkan wawasan para peserta terhadap gender secara umum dan dalam perspektif Islam juga mengenai HAM yang mengangkat isu-isu perempuan. Selain itu, bakat dari para peserta, ketangkasan dalam menjawab, dan good looking juga menjadi bahan pertimbangan dalam pemilihan Duta Syariah ini.

Mufti selaku pemenang pria mengaku sangat bersyukur atas gelar ini. “Saya senang sekali atas diselenggarakannya acara ini, karena dapat melatih mental para peserta untuk tampil di depan umum.”, tutur perwakilan pria dari kelas Ilmu Falak B ini. Mufti tergugah untuk mengikuti acara ini karena kalau bukan kita, siapa lagi untuk menjadi contoh positif bagi yang lain. Untuk kedepannya Mufti berjanji akan berusaha lebih keras lagi agar dapat menjadi contoh bagi teman-temannya di Fakultas Syariah dan Hukum. Tidak hanya itu, Mufti juga akan mendukung semua kegiatan positif seperti ini khususnya di Fakultas Syariah dan Hukum.

Hal yang tidak jauh beda juga diungkapkan oleh Khusnul. “Saya tidak pernah menduga kalau saya akan meraih gelar ini karena peserta dari kelas lain juga telah tampil maksimal. Saya merasa bangga menjadi pemenang Duta Syariah 2019. Saya sangat berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat terutama Fosia dan teman-teman kelas saya yang membantu saya menyiapkan kebutuhan saya dalam persiapan acara ini. “, tutur perwakilan kelas Hukum Keluarga Islam D saat ditemui langsung oleh tim Justisia.

Untuk kedepannya, Adetya Pramandira selaku Ketua Fosia menuturkan bahwa pemenang Duta Syariah 2019 akan maju mewakili Fakultas Syariah dan Hukum dalam pemilihan Denok dan Kang Mas UIN Walisongo 2019 pada 24 April nanti. Tidak hanya menjadi perwakilan fakultas, pemenang akan melakukan project bersama Fosia dengan mendukung kegiatan kegiatan yang berkaitan dengan gender dan HAM. “Bagi pemenang saya berharap nanti mampu membawa nama baik fakultas dalam pemilihan Denok dan Kang Mas 2019. Untuk semua peserta, saya berharap dapat menjadi contoh dan dapat membuka wawasan teman-teman yang lain.”, tutur wanita yang akrab di panggil Dera ini.

Selamat untuk para pemenang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here