Justisia.com-Rabu (21/08) merupakan hari ketiga mahasiswa baru (maba) mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Walisongo yang bertemakan “Eksplorasi Spirit Kemahasiswaan Menuju Indonesia Berperadaban”

Hari ketiga ini banyak diisi dengan kegiatan penyampaian materi. Materi yang dipaparkan pun berbeda-beda antara lain mengenai Etika Ilmiah dan Anti Plagiarisme, Tata Kelola Ormawa dan Kebijakan Mahasiswa, Gender dan Kekerasan Seksual, serta Kefakultasan dan Sistem Perkuliahan yang disampaikan oleh beberapa dosen dari masing-masing fakultas yang bersangkutan.

Di FSH, materi Etika Ilmiah dan Anti Plagiarisme di sampaikan oleh Abu Hapsin, salah satu dosen senior di FSH dengan berbekal pengalamannya di dunia akademik selama puluhan tahun.

Materi Gender dan Kekerasan Seksual disampaikan oleh salah satu aktivis gender sekaligus dosen FSH, Anis Fitria.

Materi Tata Kelola Ormawa dan Kebijakan Mahasiswa disampaikan oleh Arifin, Wakil Dekan 3 FSH. Materi Kefakultasan dan Sistem Perkuliahan dipaparkan oleh Rohmadi.

Materi-materi diatas tidak disampaikan secara berurutan. Pemberian materi dipotong dengan kegiatan Expo UKM Fakultas Syariah dan Hukum yang berjumlah sepuluh.

Tujuan Expo UKM ini adalah melakukan pengenalan sekaligus promosi UKM fakultas kepada mahasiswa baru 2019.

Banyak mahasiswa antusias dengan kegiatan ini karena memberikan mereka gambaran kegiatan apa saja yang bisa mereka ikuti kelak.

Di akhir kegiatan PBAK hari ketiga, Genwa FSH 2019 menjalankan kegiatan Orientasi Jurusan. Orientasi Jurusan adalah pengenalan masing masing jurusan oleh kepala jurusan dan jajarannya serta dosen masing masing jurusan.

Pengenalan ini meliputi pengertian jurusan itu sendiri, pengenalan dosen, penjelasan mengenai SKS, dan lainnya.
Di Fakultas Ushuludin dan Humaniora, pemberian materi serupa juga menjadi agenda mereka hari ini.

Tetapi, salah satu mahasiswa mengaku kelelahan hari ini.
“Capek, karena duduk terus. Jadi bikin badan pegel”, tutur salah satu mahasiswa Aqidah Filsafat Islam yang tidak ingin dicantumkan namanya.

Reporter: Sonia
Penulis: Sonia
Editor: Harly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here