Gita Syahrani : Perlunya Sinergitas Gerakan Agraria dan Lingkungan

0
174
Website | + posts

Cianjur justisia.com Usai mengisi acara di She Creates Change yang diadakan oleh Change.org, Gita Syahrani, Direktur Eksekutif Lingkar Temu Kabupaten Lesatri (LTKL) menyampaikan perlunya sinergitas antara Kementerian Agraria dan Tata Ruang dengan Kementerian kehutanan untuk melancarkan agenda reforma agraria dan kelestarian Hutan.

“Sinergitas semua aspek perlu lah ya. Koordinasi emang ngga ada ya sekarang, dan kita , harus mengupayakan,” tutur Gita di Wisma Saung Nini, Cianjur, Jumat Malam (24/10).

Baginya pembukaan kawasan hutan untuk agenda reforma agrariapun tidak menjadi masalah asal berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.

“M enurutku selama itu  dia dimanfaatkan, ngga masalah,” kata perempuan peraih gelar LL.M tentang Perubahan Iklim dan Energi, Universitas Dundee Inggris tersebut.

Perempuan yang berfokus pada perubahan iklim dan investasi hijau tersebut menilai adanya perbedaan cara pandang sehingga membuat dua gerakan ini tidak bertemu. Menurutnya keduanya justru mempunyai tujuan yang sama.

“ini terjadi karena selama kita memandang dari angle yang berbeda lah ya, padahal tujuannya sama aja. Kesejahteraan,” jelas Penggagas gerakan Si Dalang & Indonesia Diet Kantong Plastik untuK Pengelolaan Limbah itu.

Ia Menegaskan untuk mewujudkan persatuan dari keduanya perlu ada masterplane yang mengakomodir setiap kepentingan dari kedua gerakan ini.

“Agraria tujuannya adalah pemerataan untuk keseahteraan dan lingkungan tujuannya juga untuk keseahteraan nih buat masterplane. Misal aku di Siak pernah meta-in lahan gambut yang bisa dipakai untuk TORA nah sisanya itu untuk konservasi,” pungkasnya.

Baca juga:  Sambut Hari Anak, SEMAI Ajak Anak-Anak di Semarang Belajar Keberagaman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here