Alan Olav Walker atau lebih terkenal dengan Alan Walker merupakan  produser rekaman sekaligus DJ berkebangsaan Nowergia-Inggris. Pria kelahiran 24 Agustus 1997, ini menjadi terkenal karena single lagunya faded. Lagu Alan Walker faded mendapatkan perhatian setelah dirilis 2014 di YouTube melalui label rekaman NoCopyrightSound.

Lagunya pada saat ini memiliki lebih dari 200 juta penonton di YouTube. Lagu tersebut dirilis 3 Desember 2015 dan menampilkan vokalis perempuan Iselin Solheim. Lagu berjudul Faded ini pun menjadi fenomenal di beberapa Negara Eropa dan menempatkan lagu ini berada di urutan terbaik di Norwegia, Swedia, Finladia, Denmark, Spanyol, Jerman, Belanda, Amerika Serikat, dan banyak negara bagian Eropa lainnya dan beberapa juga negara di Asia.

Lagu Faded ini merupakan lagu yang bergenre EDM (electronic dance music) yang memiliki nuansa atau suasana yang indah meskipun sebenarnya lagu ini bercerita tentang patah hati yang sangat sedih. Hal ini juga didukung dengan penyanyi yang tepat juga. Adapun vocal penyanyinya yaitu Iselin Solheim yang mempunyai karakter suara bening nan indah.

Lagu ini berkisah tentang seseorang yang merindukan kekasihnya. Dia tak tahu di mana kekasihnya berada. Ia menyembunyikan lukanya dan mencampuradukkan antara realita dan imajinasinya tentang keberadaan kekasihnya. Sedangkan video klip-nya yang bertempat di Estonia ini menggambarkan seorang laki-laki yang melihat foto kekasihnya, karena merasa kesepian dan mereka melakukan perjalanan untuk mencari kekasihnya tersebut. 

Berikut lirik dan makna dari lagu Faded 

“You were the shadow to my light

Did you feel us?”

“Shadow” di sini menggambarkan seseorang yang penulis cintai karena tak tahu keberadaan dari kekasihnya. Penulis bertanya pada dirinya, apakah orang itu merasakan adanya hubungan antara mereka berdua, ataukah itu semua hanya tipuan belaka ataupun nyata.

“Another star, you fade away”

Baris ini bermakna seseorang atau kekasihnya itu  kadang muncul atau terlihat di bayangannya, namun suatu saat akan menghilang.

“Afraid our aim is out of sight

Wanna see us, alive”

Penulis dan kekasihnya memiliki satu harapan, yaitu sebuah hubungan yang nyata atau hidup. Hubungan di mana sepasang kekasih itu hidup bersama secara normal. Namun, ia memiliki ketakutan bahwa harapan itu akan sulit dicapai bahkan tidak mungkin terwujud.

“Where are you now?

Where are you now?

Where are you now?

Was it all in my fantasy?

Where are you now?

Were you only imaginary?”

Di dalam videonya seseorang sedang mengenang semua masa-masa indah yang ia habiskan bersama kekasihnya. Meskipun itu hanya sekejap, ia menganggap itu semua sangat berharga dan sulit dipercaya. Sehingga ia bertanya pada dirinya, “Apakah itu semua hanya fantasiku? Apakah dia hanya imajinasiku?” adapun makna “Where are you now?”  yang diucap sampai 3 kali di sini menggambarkan kesedihan bahkan keputusasaan mereka untuk saling bertemu.

“Where are you now?

Atlantis, under the sea, under the sea

Where are you now?

Another dream”

Seseorang itu tidak tau bagaimana cara untuk berhubungan secara nyata dengan kekasihnya. Ia tersesat. Atlantis, sebuah kota indah yang hilang, menyiratkan perasaan penulis terhadap hubungan mereka. karena tidak ada yang tau dimana Atlantis berada. Sama dengan kekasihnya, ia pun tidak tahu di mana keberadaannya.

“The monster’s running wild inside of me”

“I’m faded, I’m faded

so lost, I’m faded, I’m faded

so lost, I’m faded”

“Monster” bermakna pikiran negatif yang selalu menghantui pikirannya. Seseorang yang berada di video lagu Faded ini merasa kehilangan arah dan kehilangan jati dirinya. Sehingga ia meminta kekasihnya untuk menemukan dirinya.

“These shallow waters never met what I needed

I’m letting go a deeper dive”

Shallow Waters, bermakna pikiran seseorang yang ‘dangkal’. Dia sudah tak bisa berfikir lagi atau pun cukup untuk memahami perasaan sesungguhnya yang ada di dalam dirinya. ia harus menyelami emosi dan jiwanya lebih dalam lagi.

“Eternal silence of the sea

I’m breathing, alive”
“Under the bright but faded light”

“You set my heart on fire”

Baris ini menggambarkan saat di mana ia sudah memahami perasaan tersebut dan menggambarkan kota Atlantis yang tenggelam di dasar lautan. Di atas permukaan laut cahaya matahari bersinar terang. Namun, semakin ke dasar lautan, cahaya semakin memudar. Seseorang tersebut pun menyiratkan bahwa kekasihnya yang tak tahu keberadaan tersebut menyulutkan api gairah dan cinta dalam dirinya.

Penulis: Kodriyah
Editor: A.M.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here