Dwi: Rangkul Pengungjung, HAAS Gelar Observasi Gerhana di Simpang Lima

0
166
Website | + posts

Semarang, justisia.com– kru justisia berhasil menjumpai Dwi Lestari selaku pendiri Himpunan Astronomi Amatir Semarang (HAAS), dalam rangka pengamatan gerhana matahari cincin, 26/12/2019.

Dwi memilih Pengamatan gerhana beralokasi simpang lima  agar mudah ditemui pengunjung yang berminat mengamati gerhana “kami juga bekerja sama dengan Pemerintahan kota (Pemkot) untuk mengadakan pengamatan disini” ujarnya, “karna tidak sembarangan acara boleh dialun-alun, bisa diusir kalau acaranya ilegal,” tambahnya.

Pengamatan ini juga terbuka untuk umum terbukti pada siang hari tadi terdapat  mahasiswa, orang tua, ojek online, sampai para wartawan yang ikut mengamati gerhana matahari cincin ini.

Komunitas yang berhasil menemukan data lapang NASA 68 % dari gerhana matahari cincin ini menggunakan dua jenis teleskop altazimut (teleskop yg menggunakan ketinggian tempat) dan Equatorial (teleskop yang memfungsikan altitude dan longitude).

“Untuk tahun ini gerhana matahari cincin terjadi di Siak, Pekanbaru, dan Batam, di Semarang hanya sebagian saja,” jelas Dwi.

Untuk waktu gerhana hari ini “Awal mula fase Gerhana matahari sebagian sejak pukul 10.55 berpuncak pukul 12.48 dan berakhir 14.30 siang,” imbuhnya.

Penulis: Selma
Editor: Nur Hikmah

Baca juga:  Bentengi Diri, DEMA-FDK Gelar Seminar Pencegahan Radikalisme

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here