Desa Semayu dalam Sejarah

0
154
Peta Desa Semayu Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah dalam visual map./gambar: redaksi

Justisia.com – Desa mencil (kata yang biasa digunakan oleh masyarakat sekitar) untuk menyebut Desa Semayu yang karena lokasinya yang berada di pinggir kota. Desa yang berada di Kabupaten Wonosobo tersebut adalah salah satu desa yang terbilang memiliki sejarah unik. Pasalnya hingga sekarang asal-usul penamaan Desa Semayu secara jelas belum diketahui.

Menurut salah seorang tokoh desa bernama Hadi (56), awal mula berdirinya dan tentang siapa yang “membuka” desa ini masih menjadi pertanyaan di dalam masyarakat Desa Semayu hingga sekarang.

Pria yang sudah memiliki seorang cucu tersebut mengatakan bahwa kira-kira penamaan Desa Semayu ini bermula ketika dahulu ketika zaman kolonialis Belanda para penduduk sekitar (sekarang Desa Semayu) terutama para petaninya tidak terima dan melakukan aksi lanjutan dengan melakukan penyerangan terhadap pasukan tentara sekutu. Satu demi satu tentara berhasil diserang katanya.

Namun, imbuhnya, di antara para tentara yang diserbu tersebut terdapat beberapa yang berhasil lolos dan melarikan diri.

“[..] ada beberapa tentara yang berhasil lolos dan para warga menyuarakan sebuah kata: asem mlayu yang berarti sialan lari,” katanya dengan serius menjelaskan.

Dari kejadian inilah menurut Hadi kata semayu dari Desa Semayu terambil. Di mana merupakan hasil dari padu padanan kata yang spontan terucap ketika penyerbuan terhadap pasukan tentara sekutu terjadi.

Lain halnya dengan Suparno (33). Pria setengah baya yang merupakan anak semata wayang dari sesepuh Desa Semayu itu mengatakan memiliki versi yang berbeda terhadap asal-muasal penamaan desa mencil di Kabupaten Wonosobo tersebut.

“[…] saya pernah mendengar penamaan Desa Semayu sendiri,” ungkapnya memulai jawaban.

“Semayu itu singkatan dari mesem ngguyu yang berarti senyum dan tertawa,” ia menjelaskan.

Pada zaman kerajaan, kata Parno panggilan akrabnya raja-raja yang memimpin masyarakat daerah desa (sekarang Desa Semayu) dikenal manis-manis sebab senyumnya. Sehingga oleh karenanya daerah yang cukup terkenal gemah ripah loh jinawi ini dinamakan dengan Desa Semayu.

Namun sekali lagi ketika ditanya tentang siapa orang yang pertama kali membuka desa ini Parno mengaku tidak mengetahui tentang hal itu.

“Kalau cerita Desa Semayu ditemukan oleh siapa […] saya kurang tahu,” jelas Parno. (Rep:Afan/Red:Am)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here