Ciptakan Aplikasi Hisab Awal Bulan Kamariyah, Hafidz Hidayatullah Sabet Predikat Skripsi Terbaik Universitas

0
466

Semarang, justisia.com-Predikat skripsi terbaik tingkat universitas dalam acara wisuda yang digelar di Auditorium 2 kampus 3 UIN Walisongo (19/11/2019) diraih oleh Hafidz Hidayatullah.

Mahasiswa Jurusan Ilmu Falak Fakultas Syari’ah dan Hukum dengan judul “Aplikasi android hisab awal bulan kamariyah dengan metode kitab Al Khulashoh Al Wafiyah”.

Saat ditemui Kru Justisia, pria asal Pati ini mengaku tidak menyangka skripsinya akan menjadi skripsi terbaik tingkat universitas.

“Nggak nyangka sama sekali. Karena tujuan saya bukan untuk mencari nilai terbaik, bukan. Tapi karena saya udah semester tua, jadi mikir saya untuk lulus gitu aja, tapi mungkin berkat doa orang tua saya,” ujarnya.

Perhitungan dalam hisab awal bulan Kamariyah pada aplikasi yang digagas Hafidz tersebut didasarkan pada sebuah Kitab klasik bernama Khulashoh Al Wafiyah.

Mengenai aplikasi yang dirancangnya tersebut, pria semester 13 ini berencana untuk mengunggahnya ke playstore agar bisa diakses oleh para mahasiswa dan para pegiat Falak.

Menurut Hafidz, walaupun diambil dari perhitungan kitab klasik namun menggunakan aplikasi ini sangat simpel.

Baca juga:  Pendaftaran KKN Reguler Dibuka, Ini Syaratnya

“Cara main aplikasinya simpel. Itu kan ada tiga perhitungan. Ada perhitungan hisab ‘urfi, taqribi, sama tahqiqi. Nah itu kita tinggal masukkan tanggal, tahun hijriyah, lalu pencet hitung. Di aplikasi itu bawahnya ada tulisan hitung. Nanti dipencet, langsung ketemu hasil sama cara perhitungan,” ungkapnya.

Di akhir wawancara, pria dengan motto hidup khairu an-nas anfa’uhum li an-nas ini mengungkapkan rasa syukurnya pada Allah SWT, juga pada orang tua yang senantiasa berdoa untuknya.

Reporter: Fia
Penulis: Fia
Editor: Harly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here