Barda Nawawi: Mahasiswa Belum Tuntas Mengkaji RUU KUHP

0
173

Semarang, justisia.com-HMJ Ilmu Hukum menggelar seminar nasional yang bertempat di Auditorium 2 Kampus 3 UIN Walisongo Semarang.

Acara dihadiri oleh Barda Nawawi Arief selaku penyusun RUU KUHP, Achmad Gunaryo selaku Guru besar Ilmu Hukum UIN Walisongo Semarang dan Yosep Parera saleku pendiri Rumah Pancasila.

Acara ini dimulai pada pukul 8 pagi yang
dibuka oleh Briliyan Erna Wati selaku Kepala jurusan Ilmu Hukum. Acara yang mengangkat tema ,”RUU KUHP: Antara Kebutuhan, Tantangan dan Pergulatan Politiknya” dianggap tidak jelas oleh Barda Nawawi karena dia beranggapan mahasiswa belum tuntas dalam mengkaji isi dari tema seminar nasional yang berkaitan dengan RKUHP ini.

Penyusunan RUU KUHP yang sudah 55 tahun lamanya ditunggu kelahirannya dan sangat diharapkan tidak terjadi kecacatan dalam penanganannya.

Isi di dalam RUU KUHP ini merupakan penyempurnaan dari KUHP sebelumnya bahkan di beberapa pasal banyak hukuman pidana yang kemudian diringankan. Penyusunan berdasarkan berbagai kajian dan pertimbangan dimasukkan ke dalam RUU KUHP.

“Semua pasal kontroversi sudah dibahas dan dicarikan solusinya dan ditampung di dalam RUU KUHP ini,” jelas Barda Nawawi terhadap pertanyaan Mahasiswa Ilmu Hukum itu.

Baca juga:  Fazlur Rahman Optimis Islam di Indonesia Jadi Rujukan Dunia Muslim

Reporter: Emil dan Pluralisa
Penulis: Emil
Editor: Harly

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here