Kunci Utama Jadi Universitas Go Internasional

0
632
Rektor ITB, Prof. Kadarsah Suryadi berfoto bersama dengan kru justisia setelah melakukan wawancara di Auditorium II, Senin (12/11). Foto: Dok. Justisia

Justisia.com– Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB), Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA mengungkapkan, kunci utama menjadi Universitas go international ialah sinergi semua pihak.

Universitas bereputasi internasional merupakan universitas yang mendapat pengakuan dunia. Baik terhadap lulusannya, terhadap karya-karyanya, maupun terhadap institusinya (civitas academica), tutur Kadarsah di Auditorium II Kampus III, senin (12/11)

Menurut Alumni program sarjana ITB ini, agar menjadi Universitas yang go international bukan dilihat dari infrastruktur yang bagus, bukan karena memiliki dana yang banyak, bukan pula dengan alat-alat yang bagus. Namun, penyebab utama universitas bisa go international karena ada keinginan dari seluruh pihak universitas untuk maju go international.

Universitas dapat bereputasi internasional bila telah memenuhi kriteria-kriteria yang disebut kriteria QS. Yakni penilaian terhadap reputasi lulusannya dalam sudut pandang tenaga kerja, reputasi penelitian dari setiap staf, reputasi akademik, masalah internasionalisasi mahasiswa dan dosen.

Laki-laki yang menyelesaikan S3 di salah satu universitas kota Marseille, Perancis ini menuturkan, dalam proses menuju universitas yang bereputasi internasional memerlukan waktu yang panjang. Karena yang dibentuk adalah atmosfer. Atmosfer ini harus selalu melekat dan konsisten, serta perlu adanya komitmen bersama dan dukungan dari semua pihak.

Baca juga:  Senat Mahasiswa UIN Walisongo Resmi Dilantik

Saat ditanya mengenai atmosfer, pria kelahiran 1962 ini menjelaskan, arti atmosfer adalah yang bergerak bukan hanya satu pihak, tapi harus semuanya yang bergerak. Dan bukan hanya dosennya yang bagus tapi juga semua civitas academica harus bagus dan memiliki keinginan untuk maju lalu menjadi suatu budaya.

Dia menjelaskan langkah awal untuk menjadi universitas bereputasi internasional dapat dimulai dari alumninya yang go international, dari mahasiswa yang memaluli program pertukaran mahasiswa dengan negara lain, pertukaran dosen. Adanya kelas internasional atau pun dengan karya-karya mahasiswa dan dosen yang dikenal oleh dunia internasional, tambah rektor ke-32 ITB ini. (J/Sidik).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here