Justisia.com-Dalam rangka Dies Natalis ke-11, Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs (CSSMoRA) UIN Walisongo menggelar Seminar Nasional dengan tema “Implementasi Nilai-nilai Literasi untuk Generasi Milenial” di Gedung Serba Guna (GSG) UIN Walisongo Semarang pada hari sabtu (15/12).

Literasi marak digaungkan di berbagai daerah dan instansi, tentu dengan pengertian literasi yang beragam. Secara sederhana, literasi merupakan optimalisasi kemampuan dalam membaca dan menulis. Namun tak cukup di situ, literasi juga diartikan sebagai optimalisasi daya tangkap terhadap ide dan gagasan dalam bentuk audio dan visual. “Secara sederhana literasi itu optimalisasi kemampuan mengenal huruf dan angka. Dasarnya adalah membaca dan menulis. Cuma makna lainnya adalah mengoptimalkan ide dan gagasan dalam bentuk audio dan visual”, jawab Boy Candra, penulis novel best seller nasional tersebut ketika ditanya mengenai arti dari literasi oleh Kru Magang Justisia.

Menurutnya, literasi di Indonesia kurang diimplementasikan jika hanya disodorkan list buku bagus dan harus mereka baca. “Yang paling penting adalah memahami karakter anak lalu diberikan buku yang sesuai dengan kebutuhan. Kalau misal ada anak yang tertarik dengan buku sastra sejarah ya tidak masalah. Karena yang paling penting itu memahami karakter anak dan diberikan buku yang sesuai kebutuhan”, ujar pria asal Padang tersebut.

Boy Candra juga menambahkan bahwa membaca merupakan salah satu cara literasi yang harus dibudayakan. “Membaca itu lain dengan makan. Yang kalau kita makan langsung kenyang. Mereka mau membaca saja itu sudah tantangan yang berat. Coba bandingkan, remaja yang sekedar membaca dengan remaja yang hanya bermain tiktok. Lebih bagus mana untuk literasi, saya kira membaca. Masalah mereka menerapkan nilai, itu butuh proses. Tidak instan”, ucap Penulis novel Malik dan Elsa tersebut.

Ia memberikan saran kepada pemerintah untuk memperbanyak kegiatan literasi dengan banyak hal. “Bikin bimbingan membaca kecil-kecilan, diberi buku, dan tentu pajak”, ujarnya. (Sayyida/Sidik)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here