Atasi Kejenuhan Belajar, FPK Terapkan Perkuliahan di Luar Kelas

0
76

Justisia.com– Belajar di dalam ruangan tidak selalu mendatangkan kenyamanan bagi mahasiswa dan dosen. Belajar di luar kelas dapat dijadikan alternatif untuk menghindari kejenuhan yang ada.

Seperti yang dialami mahasisawa psikologi, Zakaria. ia mengakui, kalau belajar di ruang kelas seringkali menjenuhkan. “Pembelajaran di luar ruangan bisa menjadi alternatif atau metode baru untuk penyegaran mahasiswa agar tidak jenuh karena selalu belajar di dalam ruangan saja,” ujarnya.

Berbeda dengan Zakaria, Rizki Ainayah mahasiswi prodi Ilmu Gizi mengatakan, kelasnya pernah melakukan pembelajaran di luar ruangan akibat pergantian jam perkuliahan yang dilakukan dosen ketika tidak masuk sesuai jadwal yang ditentukan.

“Pembelajaran di luar ruang kelas memang ada, tetapi sifat nya tidak bersifat formal, melainkan sebagai pengganti jam pelajaran saja, karena kami nggak tau dosen bisanya kapan dan di ruangan apa, akhirnya kami terpaksa belajar di luar ruangan jika ruangan telah terpakai oleh kelas lain,” kata Ainayah saat ditemui reporterJustisia.com di gedung B Fakultas Psikologi dan Kesehatan, Kamis (11/10).

Menanggapi hal tersebut, Wakil Dekan 3 FPK Abdul Wahib berkomentar, bahwa setiap mahasiswa memiliki cara tersendiri menangkap materi pembelajaran, dengan sistem pembelajaran di luar kelas diharapkan mampu mengatasi alasan kejenuhan belajar para mahasiswa.

“Dengan memanfaatkan fasilitas yang ada proses pembelajaran tidak terhenti hanya karena kelas yang sudah terpakai. Biasanya sistem ini dilaksanakan di halaman atau loby gedung atau bahkan di parkiran sekalipun. Dalam sistem ini peran dosen lebih di utamakan,” imbuhnya. (J/Lina,Asrul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here