Status Mahasiswa Aktif Sebabkan Wisuda di Hari Aktif Kuliah

0
193
Wakil Rektor 1 bidang akademik dan kemahasiswaan, Dr Musahadi M.Ag. Foto: addib

Justisia.com Wisuda UIN Walisongo periode ke-2 tahun 2018 berlangsung pada minggu pertama hari aktif kuliah, Kamis (6/9). Dua kali pelaksanaan wisuda diadakan di hari aktif kulaih, setelah sebelumnya kegiatan wisuda selalu diadakan pada bulan terakhir semester sebelum masuknnya semester baru perkuliahan selanjutnya.

Wakil Rektor 1 bidang akademik dan kemahasiswaan, Musahadi manyampaikan bahwa alasan berubahnya kegiatan wisuda di hari aktif dikarenakan para wisudawan harus dalam status mahasiswa aktif. “Orang yang wisuda sama harus memperoleh layanan akademik. Karena memperoleh layanan akademik dia harus mahasiswa aktif, mahasiswa aktif itu harus bayar, karena dia masuk di semester berikutnya,” kata Musahadi.

Musahadi menambahkan bahwa selain faktor status wisudawan yang dilakukan di bulan terakhir semester masih digunakan untuk keperluan mengoreksi dam input nilai.

“Untuk menhindari wisuda di akhir semester dilaksanakan akhir umur semester yang berjalan. Kemudian setelah itu, umur semester dihari seperti itu (Februari dan Agustus). Seperti itu sementara jadwal UTS dan UAS mepet kebelakang siklus setelah itu ada proses mengeoreksi dan memasukan nilai. Akhirnya kemudian mahasiswa yang seharusnya sudah bisa munaqosah pada saat lebih awal akhirnya tidak bisa ikut munaqosah gara-gara nilai disemester itu belum bisa keluar,” jelas pria asal Demak tersebut.

Sebagai solusinya kampus memutuskan melaksanakan proses wisuda di awal semester hari aktif kuliah.

“Akhrinya wisudanya dikebelakangkan supaya apa ini mencari formula waktu yang memang tepat dan bagus, ketemunya ya masuk di hari aktif kuliah. Jadi ada aspek positifnya yakni mereka ini bisa betul-betul semua nilai mata kuliah sudah keluar semua kemudian munaqosah terakhir itu ada jeda antara munaqosah dan wisuda kemudian ada waktu jeda munaqosah terakhir dan bisa ikut wisuda periode berikutnya,” imbuhnya

Kedepan wisuda tidak akan dilakukan di minggu pertama perkuliahan, namun akan dilakukan pada minggu ketiga setelah masuk kuliah.

“Untungnya memberi inspirasi kepada mahasiswa yang masih kuliah, Kalau waktu libur mereka kan tidak ada, jadi mereka tidak bisa melihat proses wisuda, jadi gak semangat. Kedepan masih akan seperti ini, namun paling dilakukan tidak pada minggu pertama kuliah masuk, tapi mungkin minggu ketiga,” pungkasnya. (red: Muft)