Komunitas Vespa Ngaliyan dan MIK Semar Galang Donasi untuk Korban Gempa Lombok

0
305
Keluarga Scooter Independent Ngaliyan (SIN) dan MIK Semar galang dana untuk korban gempa Lombok di perempatan Kec Tugu Semarang, Minggu (26/08). Foto: Muft

Justisia.com– Komunitas vespa Ngaliyan yang tergabung dalam Scooter Independent Ngaliyan (SIN) dan pegiat informasi (citizen journalism) di komunitas Media Informasi Kota Semarang (MIK Semar) melakukan penggalangan dana untuk korban bencana gempa bumi Lombok. Penggalangan dana dilakukan di perempatan lampu merah Kecamatan Tugu, Minggu (26/08) sore.

Ketua Scooter Independent Ngaliyan, Budi Santoso, mengatakan bahwa pengalangan dana untuk korban bencana gempa di Lombok sebagai wujud solidaritas sesama warga negara, untuk sedikit meringankan beban mereka.

“Bantuan yang terkumpul ini kita akan di distribusikan ke Lombok. Ini sebagai wujud keedulian kita untuk sedikit meringankan beban mereka yang terkena bencana,” tutur Budi disela-sela penggalangan dana.

Budi juga menghimbau siapa saja yang akan memeberikan bantuan dalam bentuk apapun akan diterima. Selama masih menjadi kebutuhan mereka.

“Selain uang bantuan yang akan kita kirimkan juga akan berupa barang. Boleh memberikan sembako dan pakaian yang layak tentunya, agar nanti bisa diterima dengan baik dan bermanfaat,” pungkas pria asli Pedurungan Semarang tersebut.

Ia menambahkan bahwa Scooter Independent Ngaliyan (SIN) belum lama berdiri, maka kegiatan-kegiatan sosial semacam ini sangat bermanfaat untuk dilakukan sebagai perekat komunitas dan kekeluargaan. “Belum lama. Ini terbentuk dari teman-teman yang ada di Ngaliyan dan para mahasiswa yang hobi terhadap vespa,” pungkas Budi.

Hal senada juga disampaikan, perwakilan dari MIK Semar, Eko Rohadi. Bahwa upaya pengumpulan donasi untuk korban gempa bumi Lombok sebagai wujud kepedulian sosial teman-teman MIK Semar kepada sesama.

“Jadi kita sebagai seorang manusia sama-sama merasakan penderitaan korban gempa di Lombok, apa yang mereka rasakan. Maka kita berinisiatif dengan rekan-rekan scooter dari Ngaliyan bersinergi hari ini untuk pengalangan dana. Minimal kesusahan mereka dapat kita rasakan sedikit,” ujar korwil MIK Semar Semarang Barat tersebut.

Eko juga menyampaikan pengumpulan bantuan masih akan diterima dan dilanjutkan. Bukan hanya saat penggalangan dana dilapangan saja. “Untuk yang turun di lapangan tidak berhenti di hari ini saja tetap berkelanjutan. Bisa uang dan barang-barang yang lain yang dibutuhkan disana. Kita masih open donation,” terang pria yang biasa disapa Eko Jenggot.

Selain itu Eko juga memperkenalkan, MIK Semar sebagai wadah komunikasi, berbagi informasi, khususnya untuk masyarakat Kota Semarang.

“MIK Semar jadi terbentuk untuk memberikan informasi warga Semarang agar mendapat informasi yang akurat tidak hoax. Bisa berupa informasi-informasi harian seperti kecelakaan kehilangan dan lain sebagainya,” imbuhnya.

Ia menambahkan semata tujuan MIK Semar sebagai media berbagi kebaikan dalam hal sosial kemasyarakatan warga Kota Semarang.

“Kita cenderung ke sosial untuk masyarakat yang khususnya ada disemarang. Siapa saja bisa bergabung lewat facebook MIK Semar kita sama sama menebarkan kebaikan bersama khususnya diwilayah Kota Semarang. Seperti kegiatan sosial semacam ini,” pungkasnya. (rep: muft)