Pihak Fakultas Siap Mengawal Mahasiswa Baru

0
57
Dekan FSH, Dr. Akhmad Arif Junaidi, M.Ag., beserta jajaran civitas akademika FSH saat pembukaan PBAK di lingkungan fakultas. Foto: Dok. Justisia

Justisia.com – Rangkaian acara PBAK di hari pertama terus berlanjut. Mulai dari pembukaan di tingkat unversitas ditambah dari fakultas masing-masing. Begitupun yang dilakukan oleh dekan Fakultas Syariah dan Hukum Dr. Akhmad Arif Junaidi, M.Ag. Sekitar pukul 13.00 WIB ia membuka PBAK 2018 mahasiswa baru Fakultas Syariah dan Hukum di Gedung Serba Guna (GSG) UIN Walisongo Semarang, Senin, (27/08).

“Saya rasa kami sudah menyiapkan dengan baik kehadiran mahasiswa baru. Kamipun masih mengandalkan gedung-gedung untuk kuliah seperti yang digunakan sebelumnya, yaitu gedung G, gedung M, gedung A (kampus 1), gedung A (kampus 3). Gedung tersebut dirasa masih cukup untuk memberikan tempat baik bagi mahasiswa baru maupun lama dalam proses perkuliahan,”. Ungkap Arif saat ditemui usai membuka acara PBAK Fakultas Syariah dan Hukum.

Sehubungan dengan bertambahnya jumlah mahasiswa, pria asal kota wali ini memaparkan, tidak ada jam kuliah malam dan kuliah hari sabtu kecuali ada dosen yang tidak bisa mengajar pada waktu yang ditentukan dan mau mengganti di waktu atau hari lain.

Kesiapan fakultas bukan sekedar mengarah pada sarana dan prasarana saja, melainkan juga pemahaman terhadap ideologi ke-Islam-an. PBAK oleh fakultas sendiri mempunyai rangkaian kegiatan yang salah satunya pengenalan universitas. Dalam hal ini materi yang disampaikan di level universitas adalah ke-walisongo-an.

“Saya rasa Islam yang dikembangkan Walisongo adalah Islam moderat yang menolak radikalisme serta mengapresiasi kelompok minoritas,”. Tukas pria peraih beasiswaS-2 Departemen Agama di IAIN Sunan Ampel Surabaya pada tahun 1998.

Pria yang pernah mengikuti Workshop on Confirmatory Research Methodology di The University of Melbourne, Australia pada tahun 2006 ini menyampaikan, untuk mengembangkan SDM di fakultas perlu adanya transfer of knowledge misalnya kepanitiaan mahasiswa baru saat ini dengan yang akan datang begitupun dari fakultas maupun universitas.

“Substansi dari PBAK ini menjelaskan kepada mahasiswa tentang administrasi akademik yang terkait dengan pendaftaran mata kuliah, pembayaran uang kuliah dan informasi-informasi kemahasiswaan seperti adanya kegiatan dari UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa). Mengingat waktu kuliah yang hanya sebentar, kami akan mendorong mahasiswa untuk aktif di kegiatan UKM tersebut,”. Papar penulis buku Pembaruan Metodologi Tafsir Al-Quran (Studi Pemikiran Tafsir Kontekstual Fazlur Rahman). (Salwa/Afif)