Kiai Kharismatik Pejuang Pendidikan

0
273
Pengasuh PonPes Darun Najah Tugu Semarang (Alm KH. Sirodj Chudhori) Foto : Yaqin

Oleh : M Ainul Yaqin

“Kang.., kang.., Ayo teng ndalem. Mbah Yai sampun kapundut enggal,” Kata salah seorang pengurus pondok

“Lohh tenan e kang?” Sahut seorang santri

Enggeh kang. Enggal kulo dikabari keluarga ndalem. Timpal pegurus kedua kalinya

Innalillahi wa inna lillahi rojiun, seraya kami berkata.

Pukul setengah satu dini hari baru saja ku rebahkan diriku di atas lantai beralaskan matras yang tidak begitu tebal. Sedikitnya untuk mengurangi dinginnya lantai di malam hari. Suara tadi sontak membangunkanku sekaligus mengagetkan kami para santrinya. Bagaikan petir besar yang menyambar. Ku lihat jam menunjukkan pukul satu dini hari. Setengah jam dari waktu ku memulai memejamkan mata tadi.

Kami mulai berbondong-bondong ke kamar mandi untuk membasuh kami seraya sambil berwudhu. Kemudian mengambil jaket untuk menutup tubuh dari dinginnya udara malam setiba turunnya hujan. Tak lupa kopyahpun menyertai untuk dikenakan. Satu persatu para santri berduyun-duyun menuju ndalem untuk terakhir kalinya menyambut kedatangan jenazah Mbah Yai Siradj Chudlori.

Seperti biasa, suasana duka tangis menyelimuti. Bertambah histeris ketika jenazah diturunkan dari mobil ambulans. Siapa yang tak mengira? Seminggu lalu beliau duduk-duduk di depan teras ndalem bahkan sempat bertemu dengan para santrinya. Nah kok sekarang beliau sudah wafat. Kami banyak kaget dan tak menyangka akan hal ini. Memang akhir-akhir ini kondisi kesehatan beliau menurun. Tak jarang beliau keluar masuk rumah sakit. Lagi pula memang ini sudah kehendak-Nya. Siapa yang bisa menghalangi Dia meskipun itu adalah orang yang paling dicintai-Nya.

Mbah Yai Sirodj Chudlori merupakan sosok kyai kharismatik bagi para santri-santrinya. Lahir di Semarang 1 Januari 1940. Sudah 78 tahun lamanya beliau mengabdikan umurnya untuk dunia pendidikan khususnya pesantren, NU, dan masyarakat. Putra terakhir dari pasangan KH. Ali Mustar dan Hj, Saidah Khotijah. Beliau memulai pendidikan dasarnya dari SR (Sekolah Rakyat) tahun 1948. Setelah lulus SR, beliau melanjutkan ke SMP, tamat tahun 1957. Kemudian melanjutkan ke Sekolah Menengah Atas (SMA).

Selepas tamat SMA, beliau pergi ke salah kota sebrang semarang yang terkenal dengan kota santri yakni di Kaliwungu, Kendal Jawa Tengah. Beliau nyantri di APIK (Asrama Pondok Islam Kaliwungu), di sinilah beliu menginjakkan kaki pertama kalinya di dunia pesantren. Di Kaliwungu beliau berguru kepada KH. Rukyat, KH. Abdul Aziz, KH. Mahdhum dan KH. Khumaidullah. Namun di sana hanya satu tahun saja, lalu beliau pindah pesantren ke Krapyak, Jogjakarta yang dipimpin oleh KH. Ali Masum. Sama seperti di Kaliwungu. beliau di Krapyak hanya setahun.

Dari Jogjakarta beliau bergeser ke kota asal ibunya dilahirkan yaitu Magelang. Di sinilah beliau belajar ilmu agama (nyantri) kepada KH. Chudlori, pengasuh pesantren API Tegalrejo (Asrama Pondok Islam Tegalrejo). Selama tiga tahun beliau mengenyam pendidikan di Tegalrejo. Dirasa sudah cukup, beliau pergi ke Ploso, Mojo, Kediri. Untuk berguru kepada KH. Jazuli, pengasuh pesantren Alfalah. Sama seperti di Tegalrejo. Di Ploso pula beliau nyantri selama tiga tahun. Tiga tahun berlalu di Ploso, beliau memutuskan untuk menimba ilmu dan mencari keberkahan kepada KH. Imam, KH. Maimun Zubair dan KH. Mbah Mad. Di Rembang beliau cukup singkat. Hanya setahun beliau tempuh.

Lalu beliau berpindah ke kota Demak, tepatnya di Mranggen. Untuk berguru kepada KH. Muslih, di sini beliau nyantri selama tiga tahun, dan di sini pula akhir dari perjalanan beliau melalang buana demi mencari ilmu pesantren. Ada pula yang menyebutkan sebelum beliau nyantri di Mranggen beliau pernah berguru ke Lasem kepada KH. Masum dan KH. Baidhowi. Juga beliau berguru ke Muntilan, Magelang, kepada KH. Dalhar. Tidak ada yang tau berapa lama beliau berguru selama di Lasem dan di Muntian, Magelang. Semenjak kepulangannya nyantri dari Mranggen, beliau memutuskan kembali ke Semarang dan mengamalkan ilmunya di tengah-tengah masyarakat tempat kelahirannya.

Hingga akhirnya pada tahun 1963 beliau menikah dengan wanita asal tempat kelahiran ibunya yaitu Ndelik, Secang, Magelang. Dengan wanita yang bernama Hj. Zahratul Mufidah. Dari pernikahannya, beliau dikaruniai sembilan orang anak, yang terdiri dari tiga anak laki-laki yaitu; Makmun Hidayatullah , Muhammad Toriqul Huda dan yang paling kecil benama Muhammad Taufan Sidqi Haq. Sedang anak perempuan berjumlah enam orang yaitu; Anis Thohiroh, B.Sc, Fatima Yuniwati, S,Ag, Aisah Andayani, S.Ag, Ani Saidah Qurbiani, S.Ag, Umi Hanik Rahmawati, dan Siti Hajar Luluk Baroroh. Dari sembilan orang anak tadi saat ini terhitung beliau mempunyai dua puluh tiga orang cucu.

Saking getolnya beliau untuk ikut memperjuangkan pendidikan, pada tahun 2000 beliau mendirikan Pesantren Darun Najah. Karena beliau merasa ikut prihatin dengan kondisi sekitar. Pada kala itu masih banyak mahasiswa yang saat itu masih bernama Institut Agama Islam Negeri atau yang biasa disingkat IAIN Walisongo Semarang tidak bisa membaca kitab dan kurangnya pegangan ilmu agama mereka. Maka daripada itu beliau berniat dan berjihad untuk turut serta memperjuangkan pendidikan khususnya basis agama.

Dalam organisasi, beliau memulainya dari Pandu Ansor menjabat sebagai ketua, ketua Ansor MWC kendal, lalu Banser sebagai ketua untuk daerah Mangkang, keudian Suriyah ranting Jrakah sampai sekarang, Suriyah MWC Mangkang, wakil suriyah NU cabang Semarang, dan muhtasyar NU cabang Semarang. Bahkan saking khidmadnya beliau berkecipung di NU, pada waktu wafatnya beliau, seluruh pengurus Pengurus Besar NU dan Pengurus Besar PMII Pusat yang ada di Jakarta mendengar kabar ini. Mereka turut berduka kehilangan beliau yang gigih dalam memperjuangkan pendidikan khususnya pesantren. Tidak sampai di situ saja, beliau merupakan Wakil Rois Thoriqoh Naksabandiah Kota Madya Semarang sampai sekarang.

Sejak selesai nyantri di berbagai tempat dan setelah ayahandanya meninggal beliau menggantikan mengajar toriqoh di Jrakah, Semarang. Pengajian thoriqoh itu dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis setelah dluhur. Selain itu juga setiap harinya mengajar di pesantrennya, Pesantren Darun Najaah Semarang. Serta kegiatan lainnya yang tidak bisa penulis sebutkan satu-persatu.

Banyak orang yang ikut kehilangan beliau, baik keluarga ndalem, para santri maupun lainnya. Satu hal yang banyak dikenang dari beliau, yakni sifat sabar dan tawadhu beliau. Sebagai salah satu ulama yang tersohor di Jawa Tengah terkhusus di Semarang, beliau tidak pernah memamerkan keulamahannya di depan orang-orang. Hidup sederhana, dan sering berkumpul dengan masyarakat sekitar. Masyarakat memandang beliau seperti seorang ayah yang selalu melindungi dan memberikan selimut ketentraman bagi anaknya. Juga karena kesudian beliau, tak pernah kami lihat beliau marah-marah, terutama pada santrinya. Beliau sangat penyabar dan selalu menjaga lisannya dan perasaannya terhadap orang lain.

Begitulah orang-orang dan kami para santri mengenal beliau. Pernah suatu saat, meskipun beliau sedang tidak enak badan. Beliau memanggil salah satu pengurus untuk minta diantarkan ke pasar. Sesampai di pasar beliau menyuruh santri tersebut untuk tetap berada di motornya (parkiran), sedangkan beliau berjalan sendirian menuju ke dalam pasar. Hingga beberapa menit kemudian beliau keluar pasar dan membawa ubi-ubian sekantung kresek hitam besar. iki mengko bengi nggo kuwe, cah-cah santri dibaan. Sampai begitunya beliau sayangnya kepada para santrinya hingga tak lagi mempedulikan kesehatannya sendiri.

Kebaikan beliau memang terlihat jelas saat terakhir kali kami menagntarkan beliau ke tempat peristirahatan terakhirnya. Beratus-ratus orang berduyunduyun dan berebut untuk memikul keranda beliau. Isak tangispun mewarnai keberangkatan jenazah menuju pemakaman. Kami semua merasa sangat kehilangan beliau. Mungkin Allah lebih menyayangi beliau, dan tugasnya di dunia sudah selesai. Sehingga secepatnya Allah ingin menemui beliau di taman surga yang sudah Dia persiapkan untuknya.

 

NB: Penulis memohon sebesar-besarnya jika ada kesalahan baik dalam segi informasi yang penulis paparkan maupun dalam kepenulisan artikel ini sendiri. Penulis hanya mengambil secara garis besar perjalanan hidup Mbah KH. Sirodj Chudlori. Agar masyarakat khususnya para santrinya masih dapat mengenang kegigihan beliau semasa hidupnya. Jazakumullah Khiorun Jaza.