Merdeka Milik Kita

0
256
sumber gambar: https://s2.bukalapak.com

Penulis : Tan Malaka

Judul : Menuju Merdeka 100% : Senarai Karya Penting Tan Malaka

Penerbit : Narasi

ISBN : 979-168-512-6

Cetakan : ke-1, 2017

Ukuran : 15 X 23 cm

Jumlah Halaman : 453

Resentator : Adetya Prmandira

Nama Tan Malaka seolah terlupakan dari sejarah perjuangan Indonesia. Selama ini namanya diasosiasikan khalayak sebagai tokoh perlawanan dan gerkan radikal komunis, tanpa tahu latar belakang, pemikiran serta upaya-upayanya menghalau imperialisme Barat di Indonesia. Tak jarang orang menyebutnya sebagai tokoh komunis di Indonesia.

Tan Malaka adalah seorang pahlawan yang bercita-cita mewujudkan Republik Indonesia dari sebuah Revolusi. Tidak ada bentuk komporomi terhadap kaum Kolonial, meski demikian Tan Malaka tidak sepakat dengan pergerakan radikal tanpa perhitungan.

Tan Malaka dengan semangatnya yang luar biasa tak mudah dirobohkan, demi memperjuangkan keadilan kaum buruh bersama kaum proletar dengan aksi mogoknya semasa pra kemerdekaan. Semangat yang menggebu-gebu dalam memperjuangkan kemerdekaan tak hanya sekedar merebut wilayah dari kekuasaan kolonial. Pemikiran Tan yang dianggap radikal tersebut telah jauh memandang kedepan arah bangsa Indonesia setelah kemerdekaan digenggam.

Dalam karyanya Aksi Massa, Tan Malaka menggambarkan bahwa revolusi bukanlah perubahan ekstrim yang terjadi dalam waktu yang sangat singkat. Namun, memerlukan waktu dan pemikiran yang panjang serta matang untuk mencapai hasil yang maksimal. Cita-cita revolusioner berjalan terus tanpa mengindahkan adanya pukulan, peluru dan siksaan yang tak terlukiskan. Dikatakan bahwa “Revolusi bukan saja menghukum, sekalian perbuatan ganas, menentang kecurangan dan kelaliman, tetapi juga mencapai segenap perbaikan dan kecelaan. Di dalam masa revolusilah tercapai puncak kekuatan moral, terlahir kecerdasan pikiran dan teraih segenap kemampuan untuk mendirikan masyarakat baru.” Dengan adanya revolusioner pemikiran-pemikiran yang selama ini terkungkung oleh kaum kolonial akan terbebas dan menciptakan kehidupan yang baru yang lebih sejahtera. Revolusi adalah mencipta !

Dalam tulisannya yang lain, “Gerpolek” Gerilya-Politik-Ekonomi, Tan menentang perang diplomasi gagasan Sjahrir dalam menghadapi tekanan imperialis dan kekuatan Belanda yang hendak menguasai Indonesia kembali. Tan Malaka yang mempunyai konsep perjuangan tidak menyetujui adanya perundingan dengan lawan. Tan menganggap perundingan adalah sikap mengorbankan kedaulatan, kemerdekaan, daerah perekonomian dan penduduk. Tan tetap mengandalkan perang dengan taktik gerilyanya. Tan yakin sang gerilya akan memenangkan perang melawan Kapitalisme-Imperialisme. Namun sayang, Tan terbunuh dalam proses revolusi itu berlangsung.

Dalam buku sebanyak 455 halaman ini, akan menelisik lebih dalam dan membahas lebih gamblang pemikiran-pemikiran serta konsep-konsep yang ditawarkan oleh Tan Malaka untuk mencapai Indonesia yang merdeka 100%. Melalui banyak karyanya yang dimuat dalam buku ini, mulai dari Aksi Massa, Politik, Rencana Ekonomi Berjuang, Muslihat hingga Gerpolek dapat dengan mudah membuka pikiran dan menumbukan semangat juang tanpa batas bagi kaum pergerakan dan siapa saja yang membacanya.