Harlah Ke 66, Rumah Sakit Telogorejo Gelar Diskusi Publik

0
295
pemberian kenang - kenangan dari panita(dok: Asr)

Justisia.com Dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke 66, Rumah Sakit Telogorejo menyelenggarakan Public Discussion dengan mengangkat tema “Anak Bangsa Membangun Indonesia”

Acara yang diselenggarakan di Semarang Medical Center (SMC) RS. Telegorejo, Sabtu, (09/12), mendatangkan tiga narasumber, Lie Dharmawan (pendiri dokterSHARE), Michael Leksodimulyo dan sejarawan muda sekaligus penulis buku Ravando Lie.

Rumah sakit yang berdiri 92 tahun silam ini, mempunyai sejarah panjang yang dipelopori oleh etnis Tionghoa pada masa Kolonial Belanda.

“Awalnya, rumah sakit ini hanya sebatas Poliklinik di sekitar Gambiran Semarang yang diinisiasi oleh etnis Tionghoa, dahulu bernama Lang Tjhwan Tiong Hwa Ie Wan,”Tutur Ketua pembina RS. Telogorejo Halim Haryanto dalam sambutannya.

Salah satu narasumber Ravando Lie, menceritakan hasil penelusurannya, bahwa latar belakang berdirinya SMC RS. Telogorejo karena akses warga menuju rumah sakit untuk berobat terbilang jauh, sehingga kesehatannya menjadi terabaikan, khususnya warga Tionghoa

“Zaman dahulu didaerah tersebut banyak orang sakit hingga meninggal dunia, karena jarak menuju rumah sakit terlalu jauh,”Ungkapnya.(rep:Asror)