Sumber Ilustrasi: jawarastore.com

Oleh: Sunandar

Kacamata adalah salah satu alat bantu vital dalam penglihatan. Khususnya mereka yang mengalami keburaman dalam penglihatan, seperti rabun, kurang jelas ataupun plus. baik dikalangan tua maupun muda. maka kacamata menjadi alat yang urgen bagi mereka yang memiliki keterbatasan.

Kacamata suatu lensa tipis yang dapat digunakan untuk memperjelas dan mempertajam penglihatan, terlebih untuk membaca. Baik itu berupa bacaan yang sifatnya jauh maupun dekat. Dengan begitu, kacamata menjadi alat yang mampu membantu untuk mengurangi ketidakjelasan yang ada, namun dalam prakteknya tidak hanya digunakan oleh orang -orang yang memiliki keterbatasan saja, namun juga bagi mereka yang indra pengelihatannya normalpun menggunakan. jadi, peran dari kaca mata saat ini, bukan lagi sekedar alat bantu bagi mereka yang memiliki keterbatasan, namun lebih mengarah pada life style bagi mereka yang pengelihatannya biasa biasa saja. Terlebih di era moderen sekarang ini yang ngetrend dengan istilah “Kids Zaman Now”.

Selain itu, kacamata juga dapat digunakan sebagai alat pelindung dari sorotan cahaya, lebih-lebih saat orang berada dipantai, disarankan untuk menggunakan kacamata. Karena sorotan cahaya matahari di pantai sangat mengganggu bagi kesehatan mata. selain itu, kacamata bisa digunakan sebagai alat pelindung dari debu saat berkendara maupun pada saat berjalan.

Ada aturan-aturan saat seorang hendak menggunakan kacamata, pertama, khusus nya mereka yang hendak menggunakan kacamata mins. Harus sesuai dengan angka minusnya, tidak boleh sembarang pakai. sebelumnyapun harus pergi ke spesialis mata terlebih dahulu. Lebih-lebih mereka yang sering berkendara malam, disarankan untuk menggunakan kacamata.

Namun, seiring perkembangan zaman, kacamata tidak lagi digunakan sesuai ranah funsionalnya. Banyak orang menggunakan kacamata sebagai fashion. Dan perubahan tersebut sangat pesat sekali di era modern saat ini. Kalau dulu, Kacamata yang digunakan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan, tapi sekarang lebih kepada keinginan, terlebih fashion yang paling penting. Tak heran, jika kacamata yang ditawarkan dan disuguhkan berbagai varian model dan warna yang begitu merayu pembelinya untuk memperindah diri.

tidak lepas di lingkungan Uin Walisongo sendiri, sebagian besar masyarakatnya perlahan-lahan mengalami pergeseran menghias diri dengan berkacamata yang pada awalnya, sebenarnya tidak berkaca mata. Sebagus apapun penampilan dalam berpakaian atau bersepatu, tetapi kunci keindahan dan keanggunan tetap berada dalam mata. Mata merupakan alat komunikasi pertama. Orang melihat keindahan seseorang dari penampilan matanya.

Orang memakai aksesoris apapaun akan lebih terkesan pada saat bertemu dengan orang lain. Terkhusus kacamata akan lebih terkesan serius dan pintar. Meskipun pada kenyataannya berbanding terbalik. Dengan berkacamata orang akan kelihatan seksi, cool dan fokus, elegan dan berkharisma.

Zaman dulu memang orang menggunakan kacamata terlihat cupu dan kutu buku. Namun seiring dengan kebutuhan visual mereka, kacamata perlahan lahan menunjukkan ke eksisannya dengan mengikuti perkembangan zaman now saat ini. baik itu klasik, trendy, natural romantis maupun dramatis. dengan begitu, kacamata tidak hanya menjadi alat untuk membantu bagi mereka yang memiliki keterbatasan pengelihatan, tidak hanya menjadi pelindung dari serangan debu ataupun panas terik matahari, namun kacamata mulai ke arah sebagai ajang gaya hidup dan memperbagus diri.(S/J)