Para peserta dengan hikmad mengikuti sidang semu yang sedang berlangsung di Lab Hukum FSH, Rabu (10/11). Foto: Inunk.doc
Para peserta dengan hikmad mengikuti berlangsungnyaMoot Court Training (sidang semu) di Lab Hukum FSH, Rabu (10/11). Foto: Inunk.doc

Justisia.com- Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga Islam UIN Walisongo mengadakan kegiatan Moot Crout Training atau pelatihan sidang semu yang menjadi serangkaian acara HK Fair 2017 di Laboratorium Hukum Fakultas Syariah dan Hukum, Rabu (11/10).

Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa UIN Walisongo sebanyak 50 peserta. tidak hanya terdiri dari mahasiswa jurusan Hukum Keluarga Islam (HKI) melainkan dari berbagai jurusan yang ada di Fakultas Syariah dan Hukum. Namun yang lebih utama menurut ketua panitia Arif Afendi, bahwa kegiatan ini diutamakan kepada mahasiswa semester 5.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah agar mahasiswa semester lima yang sudah mengambil Hukum acara dapat lebih mengetahui bagaiamana mekanisme jalannya persidangan dalam peradilan. Selain itu juga untuk menambah wawasan tentang persidangan perkara perdata,” ujar pria Semester 3 asal Jepara tersebut.

Rizki sebagai salah satu peserta pelatihan sidang semu, menyayangkan dengan keterlambatan modul yang dibagikan oleh panitia, sehingga peserta kurang mempelajari terlebih dahulu.

“Pembagian modul yang dibagi dadakan kepada peserta menjadi salah satu kekurangan dari acara ini, seharusnya modul di bagikan sehari sebelum kegiatan. Agar peserta bisa mempersiapkan terlebih dahulu,” jelas wanita jurusan Hukum Ekonomi Syariah tersebut.

Mashudi sebagai pemateri, mendukung dengan diselenggarakannya Peradilan Semu, karena kegiatan ini menjadi bekal bagi mahasiswa hukum dimasa depan.

“Kegiatan seperti ini sangat penting untuk di adakan, karena dalam hal kedepanya lulusan-lulusan jurusan Hukum Keluarga Islam sangat di butuhkan dalam peradilan. Misalkan dalam hal perekrutan hakim di Pengadilan negeri yang di naungi oleh kementrian agama,” tutur Hakim yang bertugas di pengadilan Agama kelas A 1 Semarang.(Der/Umm)