Suasana lomba di Audit I Kampus I, Rabu (08/06). Foto: Yaqin justisia/doc
Suasana lomba di Audit I Kampus I, Rabu (08/06). Foto: Yaqin justisia/doc

justisia.com – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-72, Kodam Diponegoro mengadakan perhelatan lomba Pembinaan Mental (Bintal), Rabu (8/6) di Audit I Kampus I. Acara ini diperuntukkan mahasiswa muslim dan non-muslim.

Untuk lomba yang diperuntukkan mahasiswa muslim yakni lomba MTQ, MHQ, dan Hadrah. Sedangkan untuk lomba yang diperuntukkan mahasiswa kalangan non-muslim adalah paduan suara dan lagu-lagu rohani.

Untuk lomba yang diikuti oleh mahasiswa muslim sendiri diadakan di Audit 1 Kampus 1 UIN Walisongo Semarang, sedangkan untuk lomba yang diikuti oleh mahasiswa non-muslim diadakan di UNIKA, secara keseluruhan di ikuti oleh 503 peserta. “Lomba ini keseluruhannya diikuti oleh 503 mahasiswa,” tutur ketua panitia lomba, Kolonel Abu Haris.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa yang didelegasikan lewat Korem-korem. Untuk kodam Diponegoro sendiri memiliki 4 Korem 1 Kodim dan memegang dua wilayah, yakni wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

“Lomba MTQ setiap kafilah putra-putri terdiri dari dua pasang jadi untuk delegasi setiap 4 Korem dan 1 Kodim ada 20 delegasi, begitu juga dengan peserta MHQ. Sedangkan untuk peserta Hadrah masing-masing tim berisikan 15 orang, yang diikuti oleh 10 tim. Namun untuk lomba paduan suara satu tim berisikan 30 orang,” imbuhnya kembali.

Di akhir wawancara dia benuturkan bahwa acara lomba ini berupaya untuk merajut mahasiswa dalam pebanguunan bangsa. Koneksitas yang ada dari TNI seperti ini diupayakan agar dapat terjalinnya tali silaturahmi antar sesama manusia dalam berbangsa dan bernegara. (YQIN)