Salah seorang petugas lsedang melakukan rukyatulhilal Awal Ramadhan 1438 H di Pantai Kartini Jepara (dok.kiblat.net)

Bukit Condrodipo Gresik, Pantai Kartini Jepara, Pantai Ujung Negara Batang, Pantai Parang Kusumo Yogyakarta, Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi Jawa Barat, dan Masjid Agung Jawa Tengah di pilih menjadi tempat untuk melakukan rukyatul hilal menentukan awal Ramadhan 1438 H oleh Himpunan Jurusan Ilmu Falak bekerjasama dengan CSS Mora UIN Walisongo dan PP. Darun Najah Life Skill, Bringin.

“Pemilihan kelima tempat tersebut merupakan rekomendasi dari Kepala Prodi Magister Ilmu Falak, Ahmad Izzudin,” ungkap Ketua HMJ Ilmu Falak Ahmad Zukhruf Nafis saat di bertandang ke Kantor Redaksi LPM Justisia, Kamis, (25/05) siang.

“Terdapat dua tempat spesial yang sering digunakan untuk melakukan rukyatul hilal di Bukit Condrodipo Gresik dan Pelabuhan Ratu, Sukabumi merupakan spot yang sering digunakan untuk rukyah. Di kedua tempat itu sering juga digunakan oleh pakar-pakar untuk menentukan awal bulan ramadhan dan 1 Syawal,” tambah pria asal Kudus.

Peserta yang mengikuti acara tersebut berjumlah 180 terdiri dari mahasiswa Ilmu Falak angkatan 2014, 2015, dan 2016.

“Untuk mahasiswa Ilmu Falak 2016 harus memanfaatkan momen ini karena baru pertama kali ikut turun ke lapangan untuk rukyatul hilal awal ramadhan,” pungkas pria alumnus Terbuireng itu. (J/Lesen)