sumber ilustrasi: motogp.com
sumber ilustrasi: motogp.com

Gelaran Motogp memasuki putaran ke-2, berlangsung dini hari nanti di sirkuit Termas de Rio Hondo Argentina, Senin (10/04) dini hari. Free Practice dan kualifikasi telah di lakukan, Juara dunia musim lalu Marc Marquez menempati pole position, dengan catatan waktu tercepat, 147.512, seperti di kutip dari motogp.com.

Catatan musim lalu Marc mampu merebut podium pertama setelah memulai race di urutan pertama. Pole position kali ini bagi rider asal Spanyol sangat spesial, karena menjadi yang kelima secara berturut-turut sejak musim 2013.

Dari seluruh balapan yang di mulai di pole position di sirkuit ini The Baby selalu memenanginya. Andaikan balapan nanti Marc mampu memenangi race, ini akan menjadi kemenagannya yang ke-5 secara berturut-turut selama lima musim terahir di Argentina.

Kinginan Marc untuk merebut podium nantI, tidak akan mudah. Pemenang seri Qatar sebelumnya, Maverick Vinales (The Predator) akan menjadi ancaman besar baginya. Rider Movistar Yamaha ini akan memulai balapan di grid ke-2 pada posisi 6 setelah hanya mampu mencatatkan waktu tercepatnya 148.275. Bukan masalah bagi pembalap yang di gadang-gadang menjadi juara dunia kali ini, mengawali balapan di posisi 6, mengingat performanya bersama Yamaha terus membaik.

Sejak naik di kelas primer, ia belum mampu mengahiri race di posisi yang baik di sirkuit ini. Namun, ia mempunyai pengalam yang cukup bagus sewaktu masih di kelas Moto2 dengan merebut podium pertama di musim 2014.

Persaingan di atas lintasan akan menjadi hal yang menarik untuk di simak. The Baby Alien, julukan Marc Marquez tentu akan ingin menambah catatan panjang kemenangan di sirkuit ini, dan menambah gelar juara dunianya. Tekanan dan ancaman akan hadir dari The Predator julukan Maverick Viales yang akan berusaha sekuat tenaga memenagkan balapan untuk menambah koleksi poinnya di puncak papan klasmen, sebagai calon kuat kandidat juara dunia musim 2017.

Panasnya persaingan dua rider asal Sepanyol ini tidak lepas dari menurunnya para performa para raider lain. Juara dunia musim lalu Jorge Lorenso hanya mampu mencatatkan waktu 150.310 dan akan memulai balapan di posisi ke-16, di tengah performanya bersama Ducati yang belum maksimal. Juara Dunia 9 kali, Valentino Rossi akan memulai race tepat di belakang Vinales, yang hanya mencatatkan waktu 149.272, karena ada beberapa bagiab masalah di motornya. (MUFTI/LESEN)