Satu Tubuh Beda Ideologi

1
131
Sumber foto : bioskopindoneisa.com

Perbedaan ideologi dalam satu tubuh digambarkan dalam film bedah film Bidah Cinta kemarin yang saya ikuti. Dalam film tersebut terlihat jelas perbedaan penafsiran agama sangat kental terasa dalam balutan film ini.

Pemahaman keagamaan yang ditonjolkan antara kelompok Islam Puritan dan Islam Tradisional, di mana tokoh Khalidah (yang diperankan Ayushita) melaksanakan sebuah ritual keagamaan tertentu, seperti tahlilan, maulidan dan sebagainya.

Sementara Kamal (yang diperankan Dimas Aditya) menganggap hal tersebut sebagai bidah. Kemudian kedua pasangan ini mendapat kecaman dari keluarga bahkan hingga menyeret masyarakat sekitarnya tempat ia tinggal. Sebetulnya perbedaan sendiri adalah sebuah keniscayaan, dan cintalah yang bisa menyatukan kedua perbedaan tersebut.

Dalam sipnosis film tersebut, Indonesia yang majemuk ini memiliki Pancasila sebagai landasan berideologi bernegara. Cocok dengan wajah universalitas yang ada di negeri ini, yang sejalan dengan nilai-nilai yang Islam ajarkan dan yang sejauh ini masih menjamin konstitusional bagi seluruh rakyat Indonesia. (FA/YA)

 

Bagian 1 : Khilfah Persoalan Klasik di Masyarakat

Bagian 2 : Satu Tubuh Beda Ideologi