justisiaJustisia.com– Komisi Pemilihan Mahasiswa (KPM) tahun 2013 IAIN Walisongo Semarang menyelenggarakan debat kandidat calon Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA), debat kandidat ini merupakan bagian dari serangkaian  acara pemilu mahasiswa (PEMILWA). Acara ini diselenggarakan di gedung serbaguna kampus III IAIN. Rabu,(18/13).

Acara dijadwalkan akan dimulai  jam 08.00 WIB, namun sampai jam 09.30 mahasiswa belum banyak yang hadir. Mahasiswa baru berdatangan pada saat pertengahan acara, hingga acara pembukaan berlangsung sepi. Acara ini dihadiri kurang lebih 50 mahasiswa dari keseluruhan fakultas yang ada.

Darori selaku Pembantu Rektor III sekaligus yang bertugas membuka acara, dalam sambutannya “ Ia tidak ingin, pemilwa kali ini menimbulkan masalah-masalah yang akan berdampak tidak baik” tuturnya.

Himbauan tersebut bukan berarti tanpa alasan “Karena, dalam pemilwa tahun-tahun sebelumnya biasanya menyisakan suara sumbang yang justru menimbulkan dampak tidak baik bagi mahasiswa” darori menegaskan.

Penegasan darori sejalan dengan harapan presiden DEMA periode ini, bahwasannya presiden yang akan memimpin nantinya benar-benar memikirkan kemajuan IAIN.

Dalam sambutannya, Busro selaku presiden DEMA berucap “siapapun yang nantinya terpilih itu tidak penting, yang terpenting adalah demi nasib IAIN ke depan agar lebih baik” tandasnya.

Acara debat kandidat ini menyisakan kekecewaan dari sebagian peserta, karena banyak pihak yang menganggap kurangnya sosialisasi, yang mengakibatkan banyaknya mahasiswa yang tidak hadir.

Salah satu peserta di sela-sela acara mengungkapkan kekecewaannya “sosialisasi kurang, tidak ada pemberitahuan, hanya lewat MMT itupun di kampus II, bagaimana mahasiswa bisa tahu acara ini kalau sosialisasinya seperti ini” ujar Ozan mahasiswa semester III kepada justisia.com.

Hal ini dibantah Imam selaku ketua KPM, karena menurutnya acara ini sudah disosialisasikan jauh-jauh hari sebelum acara berlangsung dan KPM sudah bekerja keras mensukseskan acara pemilwa tahun ini.

“ acara ini sudah kami sosialisasikan melalui facebook, MMT dan kami juga sudah berkoordinasi dengan masing-masing DPW partai yang ada” tegas Imam. [j] (Lana).