Kuliah Umum: Dahlan Iskan Ajak Mahasiswa Berwirausaha

1
121
Kuliah Umum: Dahlan Iskan Ajak Mahasiswa Berwirausaha

Kuliah Umum: Dahlan Iskan Ajak Mahasiswa Berwirausaha
Kuliah Umum: Dahlan Iskan Ajak Mahasiswa Berwirausaha

Semarang, Suasana auditorium kampus III Institut Agama Islam Negri (IAIN) Walisongo terlihat ramai di kunjungi Mahasiswa untuk mengikuti Kuliah Umum. Rabu (15/05), IAIN Walisongo bekerjasama dengan Jawa Pos Radar Semarang, menyelenggarakan Studium General.  Dengan tema,  Membangkitkan Jiwa Wirausaha Di Era Global, bersama menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan.

Pukul 11:00, iring-iringan mobil menteri BUMN Dahlan Iskan tiba di halaman auditorium. Dahlan Iskan turun dari mobil Toyota alphard warna hitam, disambut meriah oleh pengunjung.

Dengan pengawalan ketat, menteri BUMN dan Rektor IAIN Walisongo berjalan, masuk ke dalam ruang acara. Suasana semakin meriah, ketika Dahlan Iskan melambaikan tangannya kepada pengunjung.

Acara studium general di buka oleh rektor IAIN Walisongo. Dalam pidatonya, Rektor mengatakan, “ setiap ada pejabat dari Jakarta yang mempunyai nilai porsi yang besar, biasanya kalau hadir di IAIN Walisongo selalu membawa berkah”. Harapan rektor, ingin mengubah kelembagaan menjadi Universitas dan sekaligus membangun dengan biaya Islamic Development Bank (IDB), akan bisa segera di realisasikan.

Setelah sambutan Rektor, dahlan Iskan berdiri di hadapan pengunjung untuk menyampaikan materi. Dengan gayanya yang tegas, dahlan iskan memberi salam kepada peserta kuliah umum. Dahlan iskan juga menyampaikan permintaan maafnya kepada Rektor IAIN Walisongo, karena baru sempat datang pada hari ini, yang sebelumnya sudah janji akan datang pada hari sabtu (11/05).

Dalam materinya, Menteri BUMN mengkampanyekan jiwa wirausaha di kalangan Mahasiswa. Karena ekonomi Indonesia akan maju sekali, dalam jangka waktu 10 tahun sampai 15 tahun ke depan.

Meskipun banyak yang tidak percaya, bahwa ekonomi di Indonesia akan maju pesat, karena masalah-masalah yang menghambat kemajuan ekonomi bangsa Indonesia.  Misalnya, tingginya angka kemiskinan, korupsi merajalela dan birokrasi masih sangat sulit. “hal ini persis seperti 10 tahun yang lalu. Ketika ada orang yang mengatakan bahwa, mustahil pada tahun 2013 pendapatan perkapita ekonomi Indonesia  bisa mencapai 3000 dolar Amerika, karena pada waktu itu, pendapatan perkapita hanya 500 Dolar Amerika”. Dahlan Iskan mengatakan.

Akan tetapi, pada tahun 2013 pendapatan perkapita Indonesia mencapai 3500 Dolar Amerika, lebih tinggi dari yang diperkirakan tahun lalu, yang dikatakan tidak mungkin. Jika dihitung menggunakan Statistik, nilai perkapita 10 tahun yang lalu sampai tahun ini, hasilnya mencapai 3500 Dolar Amerika, 10 tahun yang akan datang diperkirakan akan mencapai 9000 Dolar Amerika.

Untuk mengatasi ekonomi yang besar, Dahlan Iskan berkeinginan agar mahasiswa mulai memikirkan pilihan-pilihan hidup. Salah satu pilihan hidup adalah mandiri, menjadi seorang pengusaha.

Acara selanjutnya, Dahlan iskan  memanggil 10 peserta kuliah umum yang sudah mempunyai wirausaha, untuk naik ke atas panggung.

Salah satu mahasiswa yang dipanggil Dahlan Iskan adalah Lukman Hakim dari Fakultas syariah IAIN Walisongo, saat ditanya oleh Dahlan Iskan mengatakan, “ saya berjualan opak khas Wonosobo”. Lukman Hakim sudah berjualan opak selama 6 bulan, orang tuanya bekerja sebagai petani.

Dahlan iskan, menanggapi “ada salah satu mahasiswa fakultas syari’ah yang mematahkan mitos, bahwa tidak harus punya darah pengusaha, untuk menjadi seorang pengusaha”. Untuk menjadi seorang pengusaha, tidak harus mempunyai keturunan pengusaha.

Sebagai tanda penghargaan, atas kerja keras yang telah dilakukan oleh mahasiswa yang sudah berwirausaha. Dahlan iskan membagikan uang sebesar satu juta rupiah kepada masing-masing peserta kuliah umum yang di panggil naik ke atas panggung. (fuhat)