Hut Semarang ke 466 dimeriahkan Wayang Kulit

0
159

wayang semarangSemarang, lapangan depan kecamatan ngaliyan diramaikan oleh pagelaran wayang kulit (27/04/2013). Acara yang merupakan lanjutan  dari berbagai rangkaian penyabutan HUT (Hari ulang tahun) semarang ini, dirasa tepat dan sangat bagus , terutama bagi generasi muda , pasalnya,acara ini sengaja mengambil      tema-tema sejarah dari kota semarang, yang di nilai mempunyai andil dalam proses pengenalan sejarah pada generasi muda terutama di kota semarang.
Acara yang di hadiri oleh anggota  KUA, MUSPIKA, KORAMIL, KAPOLSEK, PMI, Camat, serta 10 lurah kecamatan Ngaliyan ini, merupakan bagian acara yang di gelar di 16 kecamatan dari 177 kelurahan kota Semarang secara serentak, 16 kecamatan menghadirkan dalang dan lakon berbeda-beda. Misalnya untuk daerah semarang barat yang menghadirkan wayang dengan dalang Joko edan. Begitu juga degan daerah-daerah lainya.
Ngaliyan sendiri menggangkat judul “Semar mbangun kayangan”  yang merupakan cerita dari penguasa yang membangun daerahnya, yaitu daerah semarang.  “semar mbangun kayangan adalah salah satu cerita dari kota semarang mengenai peran seorang pemerintah dalam pembangunan kota semarang” ujar Agus, selaku panitia acara wayang.
Acara yang berlangsung dari pukul 20.00 ini, dipimpin oleh dalang Krt. Adi pranomo. SE yang merupakkan dalang asli dari kelurahan Wonosari. Antusias warga Ngaliyan begitu tinggi dalam menghadiri acara ini karna dirasa acara ini adalah agen pembudidayaan budaya dan penyalurkan pengetahuan mengenai seJarah semarang. “menurut saya sangat bagus karna sangat mendidik  kaula muda yang miskin pengetahuan akan budaya wayang ”. ujar joko , salah satu penonton acara wayang kulit di Ngaliyan. penyelenggaraan yang dulunya hanya dipusatkan dalam satu balai kota yang sekarang dalam satu kecamatan juga merupakan andil dari antusiasme warga untuk menghadiri acara ini.
HUT semarang tidak hanya menghadirkan pagelaran wayang kulit,  acara konser di simpanglima, opera van java,serta ziarah di makam, merupakkan rangkain acara dalam menyambut HUT kota semarang ke 466.(antholi)