Diskusi Terbuka “Revolusi Uang; sejarah uang virtual”

0
128

Seiring perkembangan teknologi  yang saat ini terjadi, bukan hanya berakibat pada perkembangan gatget maupun alat-alat elektronik lainnya namun dalam tabiat dan kegunaan uang juga terdapat formulasi baru, ini merupakan mutasi besar ketiga pada uang

 

Generasi Pertama Uang, pada tahap pertama ini dimulai dengan penemuan uang logam di Lydia kurang lebih 3000 tahun lampau serta membuahkan sistem pasar terbuka dan bebas yang pertama. Penemuan dan penyebaran koin berikut pasar yang menyertainya, menciptakan sebuah sistem kultural yang sama sekali baru (peradaban klasik Mediterania). Sistem moneter dan pasar baru tersebut selanjutnya menyebar ke seluruh dunia dan perlahan-lahan menghancurkan imperium-imperium besar pemungutan upeti dalam sejarah.
Generasi Kedua Uang, sedangkan tahap kedua sudah mendominasi sejak permulaan Renaisans melalui revolusi industri dan menghasilkan penciptaan sistem kapitalis dunia modern. Sistem ini berawal di bank-bank Italia, kemudian lama kelamaan menciptakan sistem perbankan nasional dan uang kertas yang mereka keluarkan untuk digunakan dalam perdagangan sehari-hari. Penciptaan perbankan dan sistem uang kertas, menghancurkan feodalisme; mengubah basis organisasi (dari pewarisan, ke uang); juga mengubah basis kekuatan ekonomi (dari kepemilikan tanah, ke kepemilikan : saham, obligasi, dan perusahaan).
Generasi Ketiga Uang, kini pada pembukaan abad ke-21, dunia sedang memasuki tahap ketiga sejarah moneternya (era uang elektronik dan ekonomi virtual). Kemunculan uang elektronik akan menghasilkan berbagai perubahan dalam masyarakat yang sama radikal dan luasnya dengan yang diciptakan oleh kedua revolusi moneter sebelumnya dalam zamannya masing-masing. Uang baru ini akan mendatangkan perubahan menyeluruh dalam : sistem politik; organisasi usaha dagang; dan dalam watak organisasi kelas. Uang virtual menjanjikan versi peradabannya sendiri yang berbeda.

Selanjutnya, pembahasan tersebut akan dibahas lebih lanjut dalam diskusi dan nonton film In Time”.  Yang diselenggarakan Justisia bersama Elsa (Lembaga Studi Sosial dan Agama) Semarang.

Tempat :  PERUM DEPAG Ngaliyan, Semarang.

Pada  : 20 September 2012.

Pukul : 18.30 Wib – Selesai.

Tulisan ini sekaligus dijadikan sebagai undangan, terimakasih.